skip to main | skip to sidebar

Pages

Tuesday, March 27, 2012

Cara Mengatasi Berbagai Masalah Wifi di Laptop atau Netbook Anda

Hotspot-an atau surfing dengan menggunakan koneksi Wifi bukan lagi menjadi barang langkah dan aneh. Di mall, café, hotel, terminal, bandara, warnet bahkan di sekolah-sekolah kita telah tersedia akses Wifi baik yang gratis maupun berbayar.

Menggunakan Akses Wifi (terutama yang gratis) memang mengasyikan, selain lebih mudah juga kita tidak perlu dipusingkan dengan masalah kabel LAN, tinggal aktifkan Wifi di Laptop, tunggu sampai proses scaning selesai dan akhirnya kita bisa connet internet dan mulai bersurfing di dunia maya.

Namun ada kalanya kita mengalami berbagai masalah Wifi, seperti tidak bisa connect atau Wifi udah connect tapi ternyata kita tidak bisa internetan. Berikut ini adalah beberapa masalah Wifi yang seri dihadapi dan solusi untuk mengatasinya.

Masalah Wifi Pertama : No Wireless Connection
Aneh, memang padahal kita sudah berada di area hotspot atau Wifi, tapi sang Laptop malah memberikan notifikasi No Wireless Connection. Solusi untuk masalah seperti ini diantaranya adalah
Cek, jangan-jangan koneksi Wifi di Laptop belum di ON atau masih Disable
Coba beralih ke tempat yang lebih dekat dengan Router atau Acces Point dan tentunya hindari penghalang seperti tembok atau peralatan lainnya yangbisa mengkibatkan sinyal Wifi terganggu.
Bisa juga dicoba untuk me-restart atau Reset Wifi Router atau Acces Point
Cek SSID, kebanyakan laptop atau handphone akan menemukan secara otomatis SSID dari router atau Acces Point Wifi, namun jika ternyata SSID tersebut di hidden untuk alasan keamanan, maka Anda harus menambahkan SSID secara manual.
Pastikan Network Card menemukan secara otomatis IP dan Gateway setting
Jangan lupa pastikan untuk driver untuk Network Card atau Wifi di Laptop sudah uptodate
Jika Anda menggunakan Windows 7, gunakan fitur Repair Connection, dimana Windows 7 akan secara otomatis mengatasi masalah yangberhubungan dengan koneksi yang error.

Masalah Wifi Kedua: Wireless Connection but No Internet Access
Pasti Anda seringkan mengalami dimana Wifi Sudah Connect tapi Tidak Bisa Internetan atau Tidak bisa Connect ke Internet. Beberapa solusi berikut bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah seperti ini.
Cek Wireless Router – pertama Login sebagai Admin di Wireless Router, pada network status pastikan bahwa koneksi internetnya emang sudah normal alias lancar dan tidak mengalami masalah.
Buka dulu Browser baik itu Firefox, Chrome atau Dolphin Browser jika Anda menggunakan HP Android. Karena di beberapa tempat atau Hotspot seperti di warnet-warnet terkadang ada halaman Login untuk bisa memulai menggunakan Wifi. Jadi begitu tersambung ke Wifi, jangan langsung cek email atau Facebookan tapi buka dulu Browser
Masukan ulang kode WEP atau WPA. Beberapa Hotspot memang dilindungi dengan proteksi baik itu WPA, WEP atau WPA2 jadi pastikan bahwa Anda telah memasukan kode keamanan dengan benar
Cek Mac Anddress Filtering
Coba menggunakan DNS Server yang lain

Masalah Wifi Ketiga : Sinyal Wifi Drop atau Turun Naik dan Tidak Stabil
Saat melihat indikator sinyal wifi di area notifikasi, terlihat bahwa sinyal Wifi turun naik alias tidak stabil, untuk mengatasi masalah seperti ini.
Pastikan Anda berada tidak terlalu jauh di area Wifi, beberapa hotspot kadang hanya punya jangkauan 50 meter seperti di warnet-warnet, jadi pastikan bahwa Anda duduk di tempat yang tidak terlalu jauh dan juga tidak terhalang oleh tembok atau penghalang lainnya.
Jika ada dua hotspot berdekatan, terjadinya gangguan sinyal bisa saja timbul karena menggunakan Wireless Channel yang sama, karena itulah coba untuk mengganti Wireless Channel yang berbeda.
Jika jangkauan Hotspot Wifi memang terbatas dan hanya beberapa meter, cobalah memakai Wireless Repeater untuk memperkuat sinyal dengan jangkauan yang lebih jauh.
Cobalah untuk mengupdate driver Wifi, atau driver router
Saat untuk mengupgrade Wireless Router, masalah sinyala Wifi yang drop bisa diakibatkan karena Wireless Router yang sudah mengalami masalah, dan jalan terbaik mungkin sudah saatnya Anda mengganti Wireless Router dengan yang lebih baik dan lebih jauh jangkauan sinyalnya.exelroze

Related Posts by Categories



19 comments:

  1. di lepi saya wirelessnya eror gan. Tiap saya troubleshoot muncul rincian masalah gini "the windows wireless service is not running on this computer" tolong bantu ngatasin gan. . .

  2. Install lagi drivernya!!

    Tu masalah windowsnya, kalo d bawa ke tukang biasanya langsung d instal ulang.

  3. Mas, saya mau nanya nich.Wireless laptop saya selalu terhubung sendiri dengan hotspot terdekat setiap dinyalakan.laptop saya notebook acer aspire one AO532H DAN TOSHIBA SATELITE C640.Emang sich bisa akses internet.tapi masalah terhubung sendiri dengan hotspot membuat saya tidak nyaman.Bagaimana mengatasinya ??? Agar kita sendiri yang menghubungkannya untuk konekt atau disconekt terhadap jaringan internet.

  4. Coba instal lg drivernya!

    pastinya yg bermasalah itu windowsnya, jdi instal ulang ja atau ganti os lain.

  5. udah dcoba reinstal wirelessnya. . . Pake disc bawaan laptop, tp tetep ga' bisa. Trus kalo reinstall driver itu gmn?

  6. Kalo reinstall driver bisa lewat device manager lalu cari directory tempat driver tersebut


    aku pake blankon gak pernah ada masalah hardware.

    Kalo menurutku migrasi ke linux aja soalnya hardware toshiba sudah support linux

  7. gan, wifi ane connect tapi kalo buat download udah jalan setengahnya, tiba2 jadi 0kbps, terus kalo buat maen game online tiba2 kembali ke halaman login lagi, itu gimana gan, plis bantu ane.......

  8. gan, lepi ane terhubung ke wifi dengan status "Internet Access". tapi kenyataannya ga bisa buat browsing, dsb.
    ane coba ngeping ke router, dns & google bisa. tp klo pake IE, Google Chrome, Windows live mail ga bs knp y?

  9. Thanks gan atas infonya, bermanfaat bangat artikel ini .... :)

    Kunjungi blog saya ya gan :
    www.basrysihotang.wordpress.com

  10. gan,saya punya notebook acer ASPIREone 722 seblom na di notebook saya bisa pakai wifi kantor tp sinyal wifi dikantor saya ga terhubung lg tp sinyal wifi di kantor sebelah saya terhubung..

  11. mas aku tnya, kan laptop saya ndk saya kasih wifi card dengan kata lain dlu prnah saya lepas, tapi skarng saya mw saya pasang lgi, eh ternyata error.. laptopx gk bsa nyala, masuk ke bios aja gk bsa... gmna nih solusinya?? :(

  12. mas mau nanya Laptop saya Lenovo S10-3 ga bisa di switch on .. Kenapa ya...

    pake lenovo easy management juga... tetep aja kagak bisa.... tolong ya mass.

  13. gan kenapa wifi saya berslang merah..padahal di lokasi hotspot..tolong bantu saya gannn

  14. Saya baru beli komputer (bukan laptop), jadi daya menggunakan wifi adapter untuk sambung ke wifi di rumah saya. Masalahnya saya sering kali tak bisa connect ke wifi , padahal handphone saya dan laptop saudara saya dapat sambung ke wifi tersebut.

    Atau sekalipun komputer saya tersambung ke wifi, seringkali jaringan tak stabil dan seting terputus dari wifi, padahal laptop saudara saya dan handphone saya baik-baik saja. Jarak komputer saya ke router wifi sekitar 5 meter, padahal saudara saya bermain laptop dengan jarak 7-8 meter pun masih bisa bermain dengan baik...

    Saya sudah coba gonta ganti wifi adapter, dan permasalahan masih berlanjut. Dan permasalahan masih saja berlangsung. Saya menggunakan wifi adapter TP-LINK TL-WN725N , apa yang perlu saya lakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini? Apa saya perlu ganti wifi adapter?? Dan jika perlu merk dan jenis apa yang baik?

  15. saya baru beli wifi tl wn725n tapi ngk bisa connect sama sekali. sinyal yg diterima sih bagus tapi sulit untuk meng koneksi kan ke hotspot nya. dan kalo tl wn725n saya jadikan AP. sinyalnya buruk sekali. padahal jarak ap sama client hanya 1 meter. haduh gimana ini ya.. apa device nya yg rusak atau apa nya ya. padahal device wifi nya baru saja beli nih.. :(

  16. bos saya punya laptop acer happy2. saya mau tanya kenapa laptop saya selalu hang kalo wifi nya saya konek. padal baru saya instal ulang. mohon solusinya gan.

  17. mas mau tanya laptop ane make win 10, setiap conect ke semua wifi xno internet conection". pas saya troubleshot msalahnya driver wifinya udah semua driver wifi dari yg terbaru sampai yang lama saya sudah pakai tapi hasilnya nihil.
    Mohon pencerahanya dong

  18. mas mau tanya laptop ane make win 10, setiap conect ke semua wifi xno internet conection". pas saya troubleshot msalahnya driver wifinya udah semua driver wifi dari yg terbaru sampai yang lama saya sudah pakai tapi hasilnya nihil.
    Mohon pencerahanya dong

  19. bang acer zg5 punya saya bisa ke wifi tapi giliran masuk ke internet gak bisa erorr terus kenapa ya

Post a Comment