skip to main | skip to sidebar

Laman

Selasa, 13 April 2010

MENGHAPUS VIRUS TANPA ANTI VIRUS



Virus komputer bukanlah hal baru bagi pengguna komputer. Sudah download av ini itu, bahkan selalu up to date, tapi bukannya menghapus virus, justru membebani bahkan menghapus file-file penting kita. tapi tetep aja tuh si virus lolos dari scan sampe-sampe kita harus mem-format Hardisk kita.
saya punya sedikit trik untuk mengatasi ini yang dapat kita lakukan dengan cara manual.

Namun sebelum itu kita perlu menggunakan file autorun yang bisa di download Disini

Secara garis besar hal yang harus kita lakukan adalah:
1. mencari file yang dianggap mencurigakan ataupun virus itu sendiri.
2. menghapus file virus itu dari komputer kita

Langkah awal, untuk mendeteksi Virus yang ada di komputer kita:
Mayoritas komputer yang terserang virus dapat kita deteksi sumber virus yang sedang aktif/bekerja di komputer kita dengan program autoruns. Jalankan file autoruns yang sudah di download tadi (autoruns.exe). Namun bila gagal dalam menjalankan autoruns.exe coba ganti nama autoruns.exe ke nama lain, karena terkadang virus sering memblokir file-file tersebut untuk di eksekusi. Namun bila tetap gagal silahkan download program sejenis lain nya.

Ketika program autoruns.exe tersebut berhasil di eksekusi (jalankan), maka bagian yang akan kita manfaatkan untuk mendeteksi virus adalah pada tab startup pada msconfig
langkah-langkahnya adalah sbb:
1. klik start
2. klik run
3. ketikkan "msconfig" tanpa tanda kutip
4. pilih tab startup
5. hilangkan checklist pada box yang tidak perlu
6. restart komputer


lihat lagi apakah file yang kita matikan tadi menyala lagi, jika iya maka patut dicurigai sebagai virus

Bila sudah kita tentukan virus-virus nya maka silahkan terapkan cara berikut ini:
1. Kita tuliskan telebih dahulu nama dan lokasi file yang kita curigai, bisa kita lihat pada keterangan Image Path, kita menuliskan nya di notepad. Biasa nya akan banyak, namun memang seperti itu. jangan berfikir bila kita sudah menghapus file tersebut dari daftar autoruns akan mengahpus file tersebut, anggapan tersebut adalah salah, karena file tersebut sebenarnya tidak terletak di situ (URL Image Path).
Mematikan Sumber Virus
Ketika kita memperoleh file-file yang kita curigai maka langkah selanjut nya adalah mengganti ekstensi dari file-file tersebut, namun ada cara khusus untuk mengganti ekstensi file-file tersebut.
Cara nya adalah kita harus melepas harddisk komputer kita yang terserang virus dan memasangkan nya pada komputer lain, inti dari cara ini adalah kita akan me-rename ekstensi file-file tersebut ketika windows di harddisk tersebut tidak aktif atau hanya sekedar file tersimpan dan tidak sedang di eksekusi.
Setelah memperoleh file tersebut maka hapus saja ekstensi nya, ekstensi terletak di belakang tanda titik, misal virusss.exe, maka ekstensi nya adalah (dot) exe, untuk mengaktifkan mode yang dapat melihat ekstensi dari suatu file adalah masuk ke windows explorer lalu pilih tools->options->views lalu hapus tanda ceklist di pilihan “Hide extensions for known file types”, maksud dari menghapus ekstensi adalah agar virus-virus tersebut tidak dapat aktif.

cara ini memang rumit, tapi lmayan daripada menggunakan av yang membebani komputer kita. Tapi semua keputusan ada di tangan anda, apakah anda menggunakan anti virus atau pun menghapusmnya secara manual?

Related Posts by Categories



0 komentar:

Poskan Komentar